Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Panduan Singkat Instalasi Opencart

logo opencartPanduan Singkat Instalasi Opencart - Opencart merupakan salah satu aplikasi toko online yang tersedia secara cuma-cuma. Opencart memiliki tampilan yang bagus dan menarik didukung dengan cara pengoperasian yang mudah. Untuk membuat sebuah toko online sederhana, Opencart sudah cukup menjadi solusinya. Meski instalasi dan setupnya cenderung mudah dan ringan, namun tidak berarti aplikasi ini diragukan kehandalannya. Opencart bisa berkembang dengan cepat karena memiliki extension yang sangat beragam, kalau di wordpress bisa disamakan dengan plugin.

Beberapa fitur yang dimiliki opencart adalah kategori produk yang tidak dibatasi, menyediakan mata uang dan bahasa lokal (termasuk extension bahasa indonesia), ada status stok, tersedia pula status order dan lain-lain. Kali ini saya ingin menunjukkan tutorial latihan instalasi Opencart. saya yakin dengan dengan kemauan untuk membuat toko online sendiri, anda bisa melakukannya.

Pertama kali yang harus dilakukan adalah memastikan: 
  1. Anda harus memiliki webserver dan database server di komputer/laptop anda. Jika anda menggunakan XAMPP (cari di google, anda bisa download gratis), anda sudah mendapat keduanya dengan sekali install.
  2. Selanjutnya lakukan download aplikasi Opencart di www.Opencart.com.
Langkah-langkah
  1. Anda harus meng-Ekstrak dulu file Opencart yang sudah anda download, lalu akan muncul folder Opencart dengan folder Upload di dalamnya.
  2. Selanjutnya, copy folder Upload beserta semua isinya ke dalam folder public dari web server anda. Jika anda memakai XAMPP, copy saja ke folder c:\xampp\htdocs.
  3. Ganti nama/Rename folder Upload copy-an tersebut dengan nama yang anda pilih sendiri / nama toko pilihan anda (misalnya: opencart_store).
  4. Buka browser (firefox), kemudian masuk ke halaman instalasi dengan alamat http://localhost/opencart_store. selanjutnya akan muncul gambar berikut.
  5. Berikan tanda  centang pada bagian I Agree, selanjutnya klik tombol Continue. Anda akan menuju halaman berikut.
    panduan opencart 2
  6. Halaman tersebut menunjukkan status sistem yang sedang disesuaikan dengan kebutuhan dari aplikasi Opencart. Klik lagi tombol Continue, dan akan muncul halaman seperti dibawah ini.
    panduan opencart 3
  7. Anda harus mengisikan data konfigurasi database. Di sini saya asumsikan anda sudah mampu mengkonfigurasi database anda sendiri di MySQL. Isilah user dan password MySQL anda dan juga nama database untuk opencart ini. Catatan: anda harus sudah membuat database terlebih dahulu meski belum diisi. Pada contoh diatas, sudah ada database kosong dengan nama db_opencart. lalu anda juga harus melengkapi bagian username dan password untuk mengakses halaman administrasi jika toko online sudah jadi.
    panduan opencart 4
  8. Dan, sampai disini Toko Online Opencart anda sudah jadi.
    Jika anda ingin melihat tampilan toko anda, klik pada Goto Your Online Store. Maka, anda akan diarahkan menuju halaman toko online yang akan muncul dengan produk-produk dummy yang bisa diganti sendiri. Seperti contoh gambar berikut.

Kemudian, apabila anda ingin melakukan pengaturan administrasi, anda bisa mengetikkan alamat Htpp://localhost/opencart_store/admin, kemudian muncul halaman administrasi seperti berikut.
Pada halaman administrasi tersebut, tersedia lengkap jika anda ingin mengelola sebuah toko online skala kecil sampai menengah. Pada dashboard juga terdapat tampilan summary untuk mempermudah admin mengetahui rangkuman aktifitas yang sudah dilakukan. Dilengkapi dengan tampilan grafik disampingnya, sehingga memudahkan admin/pemilik untuk membaca tren dan statistik penjualan di tokonya. Anda juga bisa menambahkan extention untuk mempercantik dan melengkapi tampilan toko anda (akan saya bahas di lain posting lain).

Selamat mencoba

Sumber : http://akhuna.wordpress.com 

Jika Anda adalah pemula/tidak punya waktu/tidak mau repot serta mengalami kesulitan dalam hal membuat sebuah toko online dengan opencart, Maka Saya akan melakukannya untuk anda dengan biaya yang terjangkau. Pesan DISINI